MUSEUM GOLOK INDONESIA DAN KOREM 132 TADULAKO AKAN SANDINGKAN PUSAKA GOLOK BANTEN DAN PUSAKA SULAWESI

BANTEN (KM) – Museum Golok Indonesia (MGI) bersama Komando Resort Militer (Korem) 132 Tadulako berencana menggelar pertemuan para pelestari pusaka golok wilayah Banten dan Sulawesi dalam rangka untuk mempersandingkan pusaka golok Banten dengan pusaka Sulawesi.

Hal tersebut diungkapkan oleh guru besar Aliran Seni Golok Indonesia, Ki Kumbang kepada KupasMerdeka.com, Senin 28/6.

“Kita harapkan dengan kegiatan tersebut dapat lebih mempererat ikatan kekeluargaan antara para pelestari pusaka golok Banten dan pusaka Sulawesi,” ujar Ki Kumbang.

Adapun agenda kegiatan yang digagas oleh Ki Kumbang dan Kolonel Inf. I Ketut Mertha Gunarda yang sekarang bertugas di Korem 132 Tadulako Sulawesi tersebut direncanakan akan digelar pada akhir Agustus 2021.

I Ketut Mertha Gunarda sendiri merupakan pendiri Padepokan Seni Beladiri Golok Eka Wastu Balatika saat dirinya menjabat Komandan Grup 1 Kopassus TNI AD usai mengirim beberapa prajuritnya untuk menjalani pelatihan khusus di markas Seni Golok Indonesia, Tangerang Banten beberapa bulan yang lalu.

Lebih lanjut Ki Kumbang berharap agar rencana tersebut dapat terealisasi dengan baik dan lancar sehingga ikatan budaya dua daerah dapat semakin erat.

“Hal ini tentunya merupakan sebuah simbol ikatan budaya antara dua daerah yang akan meningkatkan kemesraan kekeluargaan antara Banten dan Sulawesi,” ungkapnya.

Rencananya, pertemuan yang akan dilaksanakan di Korem 132 Tadulako pada akhir Agustus 2021 tersebut juga akan membahas tentang kemajuan nilai seni budaya antar dua daerah tersebut, dan hasil diskusinya akan dituangkan dalam buku THE GOLOK 2 yang akan terbit di Mancanegara dengan berbagai bahasa seperti Bahasa Inggris, Spanish, Belanda, Italia dan Mesir.

“Tentunya buku THE GOLOK 2 diharapkan akan mendongkrak konsep Golok Goes To Unesco yang telah dirancang oleh tim Museum Golok Indonesia,” jelas Ki Kumbang.

Sementara itu, Kepala Museum Golok Indonesia, Carin Lim, menyatakan bahwa pihaknya akan terus berjuang dan mendukung kemajuan golok Indonesia dengan melakukan beberapa penelitian di berbagai daerah yang dilengkapi dengan Uji Laboratorium Metallurgi. Hal tersebut menurut Carin Lim agar bisa dijelaskan secara ilmiah kepada seluruh anak bangsa.

Reporter: Budi Jaya
Editor: Sudrajat

Sumber : https://www.kupasmerdeka.com/2021/06/museum-golok-indonesia-dan-korem-132-tadulako-akan-sandingkan-pusaka-golok-banten-dan-pusaka-sulawesi/

Leave a Reply

%d bloggers like this: